Yaa Allah Yaa Rohmaan Yaa Rahiim Yaa Malik Yaa Qudus Yaa Salam Yaa Mukmin Yaa Muhaimin Yaa Aziiz Yaa Jabbar Yaa Muttakabir Yaa Kholik Yaa Bari Yaa Musyawwir Yaa Ghofar Yaa Khohar Yaa Wahaab Yaa Rozaq Yaa Fattah Yaa 'Alim Yaa Qobith Yaa baashit Yaa Khofith Yaa Raafi' Yaa Mu'iz Yaa Muuzil Yaa Saami' Yaa Baashir Yaa Hakkam Yaa Adl Yaa Latiif Yaa Khobir


Selasa, Agustus 19, 2008

Ma'rifatullah

diambil dari buku Ma'rifatullah karya zen M. Al Hadi

Ma'rifatullah artinya mengenal Allah Robbul 'alamiin..
mengenal ALlah adalah pekerjaan yang harus dilakukan secara berkelanjutan hingga sampai betul-betul terasa mempengaruhi seluruh instrumen yang bekerja pada diri kita hingga akhir hayat.
dalam sebuah riwayat Rasulullah ditanya sahabat: "Yaa Rasulullah, mengapa kami telah banyak berdoa tetapi doa kami tidak terkabul juga?, beliau menjawab, karena kalian berdoa kepada tuhan yang tidak kalian kenal."
jadi manusia yang tidak mengenal dan tidak berusaha mengenal-Nya kehidupannya akan terasa berat, gelisah dan jiwanya tercekam.
Bahkan dalam melaksanakan ibadah ritual sekalipun manusia yang tidak mengenal Allah tidak akan merasakan nikmatnya, Indahnya, serta kedamaian dalam beribadah, tapi justru yang ada hanya beban berat yang menyebalkan.
seperti dalam hal mengerjakan sholat, Allah menghendaki kita dalam menyembah-Nya karena kita rindu, kangen, butuh, kagum, syukur.. begitu juga dalam ibadah haji, kalau tidak didasari itu maka tidak ada bedanya dengan turis yang berekreasi, bagaimana mungkin melahirkan cinta dan kerinduan sementara yang dikunjungi tidak dikenal, seperti mengunjungi makam Rasulullah, thawaf di Ka'bah, berdoa dlm wukuf di Arafah, Mina dan Mudzalifah serta tempat-tempat lainnya, akan terasa hambar dan berat pastinya.
jadi beribadah kepada Allah harus diawali dengan Ma'rifatullah, karena dari sanalah kemudian perasaan cinta dan rindu tumbuh didalam hati sanubari yang membawa manusia merasakan nikmatnya beribadah. inilah yang membedakan manusia yang beribadah dengan spiritual yang Ma'rifatullah dan mereka yang tidak mengenal Allah.

Tidak ada komentar:

d